Kilas Informasi~

Area Membaca Pada Perpustakaan Umum (Mengacu Pada Pedoman Tata Ruang dan Perabot Perpustakaan Umum)

Image
Mengkaji sebuah tata ruang yang ada di suatu perpustakaan, memang tak terlepas dengan pembahasan pada aspek peralatan dan perlengkapan yang digunakan. Penataan tata ruang perpustakaan haruslah memenuhi syarat estetika yang nyaman serta didukung dengan segala peralatan dan perlengkapan yang aman dan berkualitas juga. Walaupun, perpustakaan telah memiliki tata ruang yang bagus, namun apabila kurang sesuai dengan fungsi dan tugas yang berlaku, maka tujuan penataan ruang dalam mewujudkan kepuasan pengguna masih belum tercapai. Penataan tata ruang dan perabot yang tepat dapat mendukung berlangsungnya kegiatan dengan baik, memberikan kenyamanan bagi pengguna, serta mendukung image perpustakaan umum masa kini dengan layanan prima. Salah satu fasilitas yang tak kalah penting sebagai penunjang pemustaka dalam segala aktivitasnya di perpustakaan ialah ruang/ area membaca. Area membaca merupakan wadah yang tak dapat dipisahkan dari perpustakaan. Keberadaan area membaca dinilai sangat pot

Dibalik Pesona Taman Baca Masyarakat Kolong Flyover Ciputat

Di sebuah kawasan dibilangan Ciputat, Tanggerang Selatan terdapat sebuah area taman baca berukuran kecil, yang terbilang cukup unik dan menarik untuk diperbincangkan. Keberadaan taman baca ini berada tepat di bawah kolong jalan layang, yang tak jauh dari suasana hiruk-piruknya pasar yang ramai dan terlihat kumuh. Sebelumnya, adakah diantara kalian yang pernah menemukan area taman baca namun berlokasi di bawah kolong? Ku rasa, Taman Baca Masyarakat (TBM) Kolong Ciputat salah satunya yang ada di wilayah Jabodetabek. Jika ternyata sudah ada yang menemukan taman baca kolong selain di Ciputat harap kabari aku hehehe😅


Panorama Taman Baca Masyarakat Kolong Flyover
Panorama TBM Kolong Flyover Ciputat
Taman Baca Masyarakat Kolong

Taman Baca Masyarakat (TBM) Kolong Ciputat telah berdiri sejak tahun 2016. Walaupun bangunannya terlihat kecil, namun perpustakaan mini ini tetap menyediakan buku-buku yang tersusun rapi di atas rak yang disediakan untuk semua kalangan. TBM kolong ciputat memiliki cara tersendiri untuk menghibur anak-anak yang membuat mereka menjadi semakin betah setiap hari untuk datang mengikuti segala kegiatan yang ada. Baca juga : Menawannya Perpustakaan Anak Yang Bikin Rindu Masa Kecil. Pada hari Selasa, Kamis, dan Sabtu, TBM kolong secara rutin menggelar bimbingan belajar untuk anak-anak yang masih bersekolah atau memiliki tugas/ PR. Fasilitas yang berada di sekitar lokasi kian berkembang atas bantuan dari para pemerintah dan orang-orang dermawan sebagai bentuk dukungan kepada Komunitas FISIP mengajar.

Pemerintah juga akan berencana untuk memasang WIFI dan CCTV di area rak buku untuk memantau dan menjaga keamanan buku-buku. Harapannya semakin banyak masyarakat yang bergabung dalam segala kegiatan. Sebelum tempat ini disulap menjadi area taman baca yang beredukasi, dulunya tempat ini dijadikan sebagai ladang perkumpulan anak-anak punk dan preman yang mereka gunakan sebagai tempat maksiat dan terkesan negatif. Di sepanjang kolong flyover kerap kali dipergunakan untuk tindakan kriminalitas, memakai narkoba, tindakan asusila, dan banyak sampah yang berserakan sehingga menjadi tempat yang kumuh.

Inilah yang menjadi awal berdirinya TBM, semua dimulai ketika segenap mahasiswa pengurus FISIP mengajar melihat kondisi yang begitu meresahkan. Sebagai civitas akademika UIN Jakarta, kehadiran penyebaran literasi belum dapat dirasakan secara langsung oleh masyarakat Ciputat. Melalui tekad yang pasti, akhirnya mereka menebarkan virus positif untuk menghilangkan paradigma yang buruk tentang flyover Ciputat menjadi tempat yang lebih baik melalui literasi dari pengurus FISIP mengajar. Mahasiswa pengurus FISIP mengajar juga bekerja sama dan didukung penuh dengan komunitas kepemudaan yang dikenal dengan Pemuda OI (penggemar musisi Iwan Fals).

Tak sampai disitu saja, segala hiruk-piruk rintangan pun mereka lalui dengan niat yang baik. Di awal terbentuknya TBM kolong, upaya dalam mengajak anak-anak sekitar kolong flyover pun dirasa cukup sulit, menurut narasumber yang aku temui (Kak Doni) mereka sempat dianggap sebagai penculik anak oleh masyarakat sekitar karena melakukan pendekatan untuk bergabung mengikuti segala kegiatan TBM kolong. Perihal dana dan segala pengeluaran yang mereka keluarkan berasal dari dana mereka sendiri dan tanpa adanya bantuan dari pemerintah. Beberapa donator saat itu ikut membantu dalam segi materi maupun sumbangan buku-buku. Sampai pada akhirnya dana dan bantuan yang ada terus mengalir ke mereka tanpa membuat proposal bantuan sekalipun. Selain itu, pengelola TBM ini juga masih sering diganggu oleh pihak-pihak yang kurang menyukai kehadiran mereka sehingga beberapa kesempatan pernah juga terjadi perdebatan. Namun untungnya, respon dari masyarakat sekitar begitu menilai positif dan terus memotivasi mereka untuk tetap mengembangkan TBM kolong Ciputat ini.
Kegiatan TBM Kolong Ciputat bersama Anak-anak
Keceriaan berbagi bersama TBM kolong
Bersama Pengelola TBM Kolong (Kak Doni dan Kak Devina)
Foto Bareng Pengelola TBM Kolong

Harapan dari pengelola TBM Kolong Ciputat (Kak Doni dan Kak Devina) akan terus meningkatkan dan memperbaiki taman baca kolong ciputat agar lebih baik lagi kedepannya dan mereka berupaya untuk terus mengadakan program-program yang bernilai positif disetiap harinya. Maka dari itu, mereka mengajak oleh siapa pun yang ingin terlibat langsung bisa langsung datang ke TBM kolong ini. Untuk informasi lebih lengkapnya, bisa dipantau terus instagramnya @tbmkolong.  Yuk, tingkatan terus literasi yang kita miliki, ayo membaca dan datang ke TBM Kolong! #salamliterasi.

Comments

  1. Perjuangan yg harus dilanjutkan

    ReplyDelete
  2. Semangattt codet jgn pantang menyerah terusss berusaha mencari jodoh

    ReplyDelete
  3. Semangattt codet jgn pantang menyerah terusss berusaha mencari jodoh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha apaan sih Cit, enggak nyambung deh kamu☺️

      Delete
  4. Informasi yang bermanfaat!!! Kerennn

    ReplyDelete
  5. Happy Monday para Member setia AGENS128, untuk kalian para pecinta permainan casino online yang mungkin sedang mencari agen terpercaya dengan bonus rollingan yang besar kami menyarankan kepada kalian semua para member setia kami bahwa kami akan memberikan BONUS ROLLINGAN 0.5% untuk kalian semua dan langsung otomatis masuk ke dalam id kalian, jadi untuk kalian yang mau mencoba bonus ini dan ingin bermain di salah satu agen yang terpercaya kalian bisa bermain bersama kami AGENS128. * CLAIM NOW AND JOIN US *

    Untuk keterangan lebih lanjut, segera hubungi kami di:
    BBM : D8B84EE1 atau AGENS128
    WA : 0852-2255-5128

    Ayo tunggu apalagi !!

    ReplyDelete

Post a Comment

Translate

Popular posts from this blog

Area Membaca Pada Perpustakaan Umum (Mengacu Pada Pedoman Tata Ruang dan Perabot Perpustakaan Umum)

Mengenal Lebih Dekat: Fakultas Adab dan Humaniora UIN Jakarta