Kilas Informasi~

Area Membaca Pada Perpustakaan Umum (Mengacu Pada Pedoman Tata Ruang dan Perabot Perpustakaan Umum)

Image
Mengkaji sebuah tata ruang yang ada di suatu perpustakaan, memang tak terlepas dengan pembahasan pada aspek peralatan dan perlengkapan yang digunakan. Penataan tata ruang perpustakaan haruslah memenuhi syarat estetika yang nyaman serta didukung dengan segala peralatan dan perlengkapan yang aman dan berkualitas juga. Walaupun, perpustakaan telah memiliki tata ruang yang bagus, namun apabila kurang sesuai dengan fungsi dan tugas yang berlaku, maka tujuan penataan ruang dalam mewujudkan kepuasan pengguna masih belum tercapai. Penataan tata ruang dan perabot yang tepat dapat mendukung berlangsungnya kegiatan dengan baik, memberikan kenyamanan bagi pengguna, serta mendukung image perpustakaan umum masa kini dengan layanan prima. Salah satu fasilitas yang tak kalah penting sebagai penunjang pemustaka dalam segala aktivitasnya di perpustakaan ialah ruang/ area membaca. Area membaca merupakan wadah yang tak dapat dipisahkan dari perpustakaan. Keberadaan area membaca dinilai sangat pot

7 Tempat Piknik Kekinian Generasi Millenial!

Piknik Weekend  Kekinian

Sudahkah kalian memikirkan akhir pekan ini mau pergi kemana? Sudah planning sejak lama dengan sahabat, kerabat, pacar, atau keluarga tapi bingung pergi kemana? Penat juga kan, kalo liburanmu hanya diisi dengan marathon nonton drakor atau pergi mengunjungi Mall? Belum lagi setelah 5 hari menjalani aktivitas dan kemacetan di Jakarta (hadehhh otak ngebul dan butuh refeshing gaes). Untuk mengatasi perihal diatas, ada beberapa rekomendasi tempat piknik nih yang kece dan kekinian di wilayah Jakarta yang didesain dengan konsep unik dan pas banget tentunya buat generasi millenial.
Pastinya piknik jaman dulu dan jaman sekarang sudah sangat berbeda. Kalo dulu, ketika piknik kita yang membawa semua perbekalan dan peralatanya sendiri, namun piknik jaman sekarang telah diusung oleh pemilik resto/kafe jadi tinggal pesan menunya saja deh. Pihak resto telah menyediakan  tiker dan seperangkat alat piknik lainnya loh.  Praktis sekali bukan. Ga perlu repot dan bisa langsung berfoto sesuka ria sekaligus ngobrol-ngobrol cantik bareng keluarga. Eitsss, btw sudah tahu kan yah generasi millenial itu apa? hmm bagi yang belum tahu, singkatnya anak milleniah ialah mereka yang lahir pada era 1980 - 2000an, dan generasi millenial ini ditandai dengan perkembangan media komunikasi dan teknologi yang canggih. Kalo ditanya soal media sosial pasti udh ga asing lagi deh, bahkan membuatnya jadi susah lepas dari gawainya masing-masing. Pastinya para pembaca blog ini adalah bagian dari kaum millenial bukan? Hayo ngakuu!!😋
So, mau tau dimana aja sih tempat piknik yang kekinian di Jakarta itu? Berikut ini rangkuman 7 tempat piknik yang kekinian dan unik bagi kamu para generasi millenial.

1. PIKNIK at Arif Inn
Sesuai dengan nama tempatnya, memang konsep dari kafe ini didesain sedemikian rupa seolah-olah pengunjung yang datang seperti sedang berada di Bali. Mengusung tema summer dan tropical dengan paduan cat yang colorful serta sentuhan ayunan yang berada di dekat kolam renang memberikan kesan piknik yang sesungguhnya dan tepat untuk dijadikan incaran spot kaum muda yang butuh suasana piknik yang berbeda. Menu makanan dan minuman yang ditawarkan juga disesuaikan dengan konsep tema yang dibuat.

Lokasi: Jl. Pertanian Raya No. 53, RT 02/04
Lebak Bulus, Cilandak, Jakarta Selatan.
021-7692305
Jam Buka: 10.00 - 20.00 WIB
Piknik at Arif Inn
source:  instagram @piknikjayuk

2. Tsamara Resto and Function Hall 
Dijadikan sebagai ajang kumpul keluarga, restoran sekaligus tempat piknik ini menyediakan lahan outdoor yang lumayan luas untuk ditempati tenda-tenda kemah yang cantik dan seperangkat alat piknik lainnya menjadikan lokasi ini menjadi daya tarik pengunjung. Dikemas seperti piknik ala dibelakang halaman rumah, sehingga tak heran spot yang satu ini selalu laris dikunjungi kaum muda yang telah berdatangan. Tak heran, sebelum mengunjungi tempat ini ada baiknya perlu reservasi terlebih dahulu. Tsamara Resto menyediakan menu masakan Indonesia dan Thailand. Dari hidangan pembuka sampai penutup pun tersedia.

Alamat: Jl. Raya Hankam No. Kav 69
Jatiranggon, Jatisampurna, Bekasi,
021-84310669
Jam Buka: 08.00 - 22.00 WIB
Tsamara Resto
source : instagram @hypeplaceid

3. Twin House 
Kafe yang bernuansa tema vintage ini memang berada di dalam kawasan rumah yang terletak didaerah Cipete, Jakarta Selatan. Spot piknik cafe ini berada di halaman depan kafe (luar), pengunjung bisa menikmati duduk santai diatas tikar atau bean bag sambil menikmati menua makanan yang disajikan. Tema vintage-nya disesuaikan dengan warna kuning dan material kayu antik. Untuk desain temboknya sendiri diatur dengan tumpukan bata yang di cat warna putih. Namun jangan salah ya, tema vintage yang diterapkan ini sama sekali tidak menimbulkan kesan jadul dan seram kok. Kalian tetap bisa menikmati sekaligus mengabadikan momen bersama kok, serasa lagi piknik beneran gaes!. Oiya, menu makanan yang disajikan juga beragam dari mulai masakan lokal dan western.

Alamat: Jl. Cipete Raya No. 4B, RT 08/04
Cipete Selatan, Cilandak, Jakarta Selatan.
081931173518
Jam Buka: 09.00 - 23.00 WIB
Piknik Twin House Jakarta
source: Twin House Web https://twinhouse-cipete.com

4. Paradigma Kafe - Restaurant 
Salah satu kafe yang menyajikan ruang terbuka hijau nan luas dimana konsep rumput-rumput buatan/sintesis dengan bean bag ini memang diciptakan suasana tenang dan nyaman, kafe ini pun terbilang unik karena ketika masuk area kafe, akan langsung disajikan dengan jendela terbuka, banyaknya hiasan tanaman dan warna cat nya juga didominasi denga warna abu-abu yang menambah kesan homey. Kalian juga akan dimanjakan dengan menu-menu khas Nusantara yang kaya akan bumbu rempahnya. Untuk dapat menikmati suasana piknik dihamparan rerumputan luas kamu bisa datang pada sore hari sekaligus menikmati senja tiba.

Alamat: Jl. Pegangsaan Barat No. 4, RT. 16/5
Menteng, Jakarta Pusat.
021-29924491
Jam Buka: 11.30 - 00.00 WIB
Piknik Paradigma Cikini
source : instagram @paradigmacikini

5. Gordi HQ
Dilokasi ini merupakan salah satu kafe yang menyedia varian kopi cukup lengkap, namun bisa dinikmati santai sembari duduk diatas karpet diantara reremputuan asli. Desain piknik ala gordi sebenernya hampir mirip dengan twin house, yang membedakan hanya dari bean bag nya saja. Sebab di gordi sepertinya belum disediakan. Kafe yang didominasi dengan warna biru ini, didesain secara minimalis namun tetap terlihat manis atas paduan susunan kaca-kaca yang membuatnya terlihat lumayan luas. Ohiya, disini ada waktu tertentu untuk bisa piknik dikafe ini, yakni dimulai pada sore hari, sekitar pukul 15.00 WIB. Sudah jelas ya, lagian siapa juga ya kan yang mau piknik panas-panasan di tengah matahari bolong.

Alamat: Jl. Jerut Purut Dalam No. 25, RT. 06/03
Cilandak Timur, Pasar Minggu, Jakarta Selatan.
021-22785171
Jam Buka: 08.30 - 21.00 WIB
Gordi.id Coffee
source : instagram @gordi.id

6. Cerita Cafe  
Kafe yang baru saja hadir pada bulan Oktober 2017 ini, memperkenalkan tema yang bermakna semi outdoor, dimana terdapat area yang memang khusus didesain untuk area outdoor (pada lantai 1) dan untuk lantai 2 digunakan sebagai ruang indoor dengan tatanan kursi-kursi. Tak jarang lokasi ini sering dijadikan acara event-event tertentu baik acara formal maupun nonformal. Tatanan interior dari tiap-tiap sudut sangatlah rapi dan pas, plus banyak spot-spot foto yang kekinian banget untuk generasi muda. Konsep duduk dengan bean bag dianggap cocok dan nyaman bagi para pengunjung yang sedang menikmati pikniknya.

Alamat: Jl. Otto Iskandardinata No. 125-127, RT 07/08
Bidara Cina, Jatinegara, Jakarta Timur.
021-22805568
Jam Buka: 10.00 - 23.00 WIB
Piknik Cerita Kafe Jakarta
source : https://wanita.me

7. The Green Corner - Culinary Garden
Tak beda jauh dengan kafe-kafe yang telah disebutkan diatas, tema yang digunakan pada The Green Corner yakni terbuka dengan ruang hijau. Selain itu, dikemas dengan paduan bean bag warna-warni beserta dengan meja kecil dan karpetnya. Untuk varian makanan dan minuman terbilang lengkap dan banyak pilihan karena memang konsep cafe ini dikelilingi vendor-vendor yang menyediakan beraneka ragam makanan seperti area food court di mall.

Alamat: Jl. Pejaten Barat No. 71, RT 08/08
Pejaten Barat, Pasar Minggu, Jakarta Selatan.
081381708833
Jam Buka: 11.00 - 23.00 WIB
Piknik Culinary Garden
source: instagram @thegreencornerjkt

Nah, itulah 7 rekomendasi tempat piknik keceh yang sudah dipaparkan, gimana gaes masih bingung ga yah nentuin destinasi liburanmu pekan ini? Kira-kira list mana aja nih yang mau kalian kunjungin duluan?  Semoga liburan kalian menyenangkan, Happy Weekend!😉

Comments

  1. Terimakasih chintyaa aku jadi tau nih weekend aku mau pergi kemana!

    ReplyDelete
  2. Replies
    1. Yuhuuu. Trimakasih kembali mba tsuy🙏🏻

      Delete
  3. asikkk terimakasih banyak infonyaa sangat membantu!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa alhamdulillah, trimakasih kembali mas muhsin:))

      Delete
  4. Asik nih jadi kapan kita jelong2 lagi tam? Makasihh infonya🌈

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tunggu kamu kesini dong hehe kabarin aku ajaa :))

      Delete
  5. Waahh rekomended bgt nih infonya.. 😊

    ReplyDelete
  6. Buat referensi cucok jg buat weekend ini..
    Minta tlg di cariin lg donk tempat2 ciamiiikkk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Dina, alhamdulillah. Terimakasih atas sarannya mba. Ditunggu aja publish yg lainnya:))

      Delete
  7. Referensi bgt buat kumpul bareng temen2 nih 😍Nice :)

    ReplyDelete
  8. Bisa jadi destinasi linuran nihhh

    ReplyDelete
  9. Boleh juga nih klo lgi liburan ke jakarta buat dikunjungii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh banget dong, kuy kak fathur kunjungi jakarta😆

      Delete
  10. Alhamdulillah jadi tahu alamatnya tsamara resto, terima kasih ka ♡

    ReplyDelete

Post a Comment

Translate

Popular posts from this blog

Area Membaca Pada Perpustakaan Umum (Mengacu Pada Pedoman Tata Ruang dan Perabot Perpustakaan Umum)

Mengenal Lebih Dekat: Fakultas Adab dan Humaniora UIN Jakarta

Dibalik Pesona Taman Baca Masyarakat Kolong Flyover Ciputat