Kilas Informasi~

Area Membaca Pada Perpustakaan Umum (Mengacu Pada Pedoman Tata Ruang dan Perabot Perpustakaan Umum)

Image
Mengkaji sebuah tata ruang yang ada di suatu perpustakaan, memang tak terlepas dengan pembahasan pada aspek peralatan dan perlengkapan yang digunakan. Penataan tata ruang perpustakaan haruslah memenuhi syarat estetika yang nyaman serta didukung dengan segala peralatan dan perlengkapan yang aman dan berkualitas juga. Walaupun, perpustakaan telah memiliki tata ruang yang bagus, namun apabila kurang sesuai dengan fungsi dan tugas yang berlaku, maka tujuan penataan ruang dalam mewujudkan kepuasan pengguna masih belum tercapai. Penataan tata ruang dan perabot yang tepat dapat mendukung berlangsungnya kegiatan dengan baik, memberikan kenyamanan bagi pengguna, serta mendukung image perpustakaan umum masa kini dengan layanan prima. Salah satu fasilitas yang tak kalah penting sebagai penunjang pemustaka dalam segala aktivitasnya di perpustakaan ialah ruang/ area membaca. Area membaca merupakan wadah yang tak dapat dipisahkan dari perpustakaan. Keberadaan area membaca dinilai sangat pot

Perpustakaan Nasional Jalin Kolaborasi Bareng Library of Congress!

Perpustakaan Nasional atau yang kerap kali disapa Perpusnas merupakan salah satu perpustakaan yang sangat unik di kalangan dunia, hal ini dikarenakan perpusnas menjadi satu-satunya negara yang mengatur pengelolaan perpustakaan baik dari pusat, provinsi, kabipaten, kota, kecamatan, hingga sampai pelosok desa. Pernyataan di atas tertuang dalam UU nomer 43  tahun 2007 tentang perpustakaan.

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia
Di Indonesia, Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (PNRI) berdiri dengan megah di kawasan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat dengan bangunan gedung setinggi 24 lantai ditambah dengan area basement 3 lantai. Berbagai layanan semua tersedia dan dapat diakses oleh semua kalangan, baik dari yang berbentuk monograf, audiovisual, elektronik (digital), dll. Peran perpustakaan sebagai institusi pembelajaran, saat ini menjadi sumber yang valid dan dapat dipertanggung jawabkan keabsahannya. Pengembangan perpustakaan digital merupakan contoh nyata dalam majunya perpustakaan saat ini untuk meningkatkan minat baca dengan penyediaan fitur yang mudah digapai generasi millennial. Melalui e-resources, i-Pusnas, dan Indonesia OneSearch (IOS) semua makin mempermudah kebutuhan para akademika atau siapa saja. Sudahkan kalian menggunakan ketiga fitur ini untuk menemukan informasi yang kamu butuhkan?

Dalam melakukan pengembangan, pembinaan, evaluasi dan koordinasi terhadap segala aspek pengelolaan perpustakaan, maka Perpustakaan Nasioal semaksimal mungkin berupaya untuk selalu memenuhi kebutuhan pemustakanya dalam menyediakan segala informasi. Sebagai wujud pengembangannya, perpustakaan nasional melalui Kepala Perpustakaan Nasional Muhammad Syarif Bando telah menerima sebuah kunjungan dari pengurus International Federation of Library Associations and Institutions (IFLA) dan Library of Congress (LOC) di Jakarta.
Kunjungan IFLA dan LOC ke Perpustakaan Nasional Republik Indonesia
Melalui kunjungannya pada hari Senin, bulan September lalu, pengurus IFLA dan LOC mengaku kedatangannya ke Perpustakaan Nasional sebagai ajang untuk mengikat tali silahturahmi dengan perpustakaan yang sedang popular era ini di kancah kepustakawanan internasional. Siapa lagi kalo bukan Perpustakaan Nasional Republik Indonesia hehehe. Beberapa tamu yang hadir diantaranya; LOC Field Director Dr. Carol, Congessional Research Librarian and IFLA Committee Lillian Gassie, Ahli Preservasi LOC Jean Drewes, Kepala Akuisisi LOC Ade Farida, dan Preservator LOC Herry Suprapto. Tentu dengan banyaknya para pengurus yang ahli dan berkompeten, maka Bapak Muhammad Syarif Bando sangat mengharapkan adanya kerjasama dengan LOC khususnya dalam bidang preservasi dan konservasi bahan pustaka.

Pengurus dari LOC Field Director Dr. Carol melakukan kunjangan pada bidang preservasi dan layanan serta kebijakan yang diterapkan oleh Perpustakaan Nasional. Sedangkan Ahli Preservasi LOC Jean Drewes menuturkan ketertarikan pada koleksi-koleksi khasanah budaya yang dimiliki bangsa Indonesia, karena dianggap bernilai luhur melalui naskah-naskah kuno yang terserah di seluruh Bumi Pertiwi. Selain itu, Congessional Research Librarian and IFLA Committee Lillian Gassie juga melirik dan tertarik kajian implementasi kebijakan digitalisasi terhadap koleksi manuskrip atau naskah kuno yang ada di Indonesia. Kepala Perpustakaan Nasional Republik Indoneisa mengemukakan bahwa Indonesia memiliki regulasi yang tertuang dalam UU Nomor 4 Tahun 1990 tentang serah terima karya cetak dan karya rekam, dimana setiap hasil budaya perlu dihimpun, disimpan, dipelihara, dilestarikan pada suatu tempat sebagai koleksi nasional.

Nah, mungkin itu saja paparan yang bisa aku jelaskan pada tulisanku bagian ini. Ini hanyalah secuil informasi dari sekian banyaknya kemewahan yang ada di Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (PNRI). Apapun jenis perpustakaan, keberadaan perpustakaan akan selalu berkembang dengan mengikuti perkembangan zamannya. Demi memajukan paradigma perpustakaan yang semakin baik, menjalin kerjasama antar negara dapat menjadi solusi untuk menyelaraskan pengelolaan perpustakaan maupun sampai ke kancah internasional. Dibalik itu semua, terdapat pustakawan hebat yang senantiasa mementingkan apa langkah selanjutnya untuk membuat pemustaka merasa puas. 

Untuk tahu lebih jelas terkait seluruh informasi, fasilitas, layanan, dan wajah baru Perpustakaan Nasional Republik Indonesia kalian dapat mengakses secara langsung di kawasan medan merdeka selatan dekat balai kota atau akses melalui online di website PNRI. Yuk, jangan sampai kita tertinggal karena tidak pernah memakai jasa dan layanan Perpusnas! Kalo bukan sekarang kapan lagi? hehe Semoga tulisan ini dapat bermanfaat dan bernilai positif bagi siapapun yang membacanya😉. Artikel lebih lengkapnya, dapat dibaca disini: https://www.perpusnas.go.id/news-detail.php?lang=id&id=180904111956rtubzTFimo

Comments

  1. Replies
    1. Hi lulu, masyaallah timakaciii😚 kamu ga kalah mantapnya😎

      Delete
  2. Perpusnas memang keren memuaskan pengunjung yg datang, lanjutkannn

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi kapan nih, bu nung refeshing lg ke perpusnas sama aku? ☺️

      Delete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. Kalo ke perpusnas boleh ga ya sambil makan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, wah jangan dong kalo untuk di ruang bacanya. Tapi mereka menyediakan kantin dan cafe loh☺️ Jadi semisal kamu haus dan laper tinggal turun lantai aja dulu

      Delete
  5. Perpusnas Instagram able bngt lohhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ketahuan ini pasti Galuh suka narsis di perpusnas ya? Hahaha😂

      Delete
  6. Perpusnas itu Lengkap loh buat kamu yang suka cari referensi belajar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, yap tepat sekali masukkannya👍🏻

      Delete
  7. Replies
    1. Yuk boleh Cit, tapi kan kamu sibuk terus hahahaha😂

      Delete
  8. Happy Monday para Member setia AGENS128, untuk kalian para pecinta permainan casino online yang mungkin sedang mencari agen terpercaya dengan bonus rollingan yang besar kami menyarankan kepada kalian semua para member setia kami bahwa kami akan memberikan BONUS ROLLINGAN 0.5% untuk kalian semua dan langsung otomatis masuk ke dalam id kalian, jadi untuk kalian yang mau mencoba bonus ini dan ingin bermain di salah satu agen yang terpercaya kalian bisa bermain bersama kami AGENS128. * CLAIM NOW AND JOIN US *

    Untuk keterangan lebih lanjut, segera hubungi kami di:
    BBM : D8B84EE1 atau AGENS128
    WA : 0852-2255-5128

    Ayo tunggu apalagi !!

    ReplyDelete

Post a Comment

Translate

Popular posts from this blog

Area Membaca Pada Perpustakaan Umum (Mengacu Pada Pedoman Tata Ruang dan Perabot Perpustakaan Umum)

Mengenal Lebih Dekat: Fakultas Adab dan Humaniora UIN Jakarta

Dibalik Pesona Taman Baca Masyarakat Kolong Flyover Ciputat