Kilas Informasi~

Area Membaca Pada Perpustakaan Umum (Mengacu Pada Pedoman Tata Ruang dan Perabot Perpustakaan Umum)

Image
Mengkaji sebuah tata ruang yang ada di suatu perpustakaan, memang tak terlepas dengan pembahasan pada aspek peralatan dan perlengkapan yang digunakan. Penataan tata ruang perpustakaan haruslah memenuhi syarat estetika yang nyaman serta didukung dengan segala peralatan dan perlengkapan yang aman dan berkualitas juga. Walaupun, perpustakaan telah memiliki tata ruang yang bagus, namun apabila kurang sesuai dengan fungsi dan tugas yang berlaku, maka tujuan penataan ruang dalam mewujudkan kepuasan pengguna masih belum tercapai. Penataan tata ruang dan perabot yang tepat dapat mendukung berlangsungnya kegiatan dengan baik, memberikan kenyamanan bagi pengguna, serta mendukung image perpustakaan umum masa kini dengan layanan prima. Salah satu fasilitas yang tak kalah penting sebagai penunjang pemustaka dalam segala aktivitasnya di perpustakaan ialah ruang/ area membaca. Area membaca merupakan wadah yang tak dapat dipisahkan dari perpustakaan. Keberadaan area membaca dinilai sangat pot

SERTIJAB PUSTIKUM Perpustakaan FAH Angkatan 4

Keberadaan Perpustakaan FAH UIN Jakarta tidak lain dan tidak bukan ialah sebagai penyedia informasi (memang semua perpustakaan berfungsi seperti itu hehehe). Perpustakaan FAH ini senantiasa berupaya untuk menjadi sumber informasi terkemuka dalam berbagai bidang ilmu pengetahuan, baik dalam bidang keislaman maupun bidang-bidang umum untuk keperluan akademik dan riset ilmiah. Maka dari itu, dalam memberikan pelayanan yang optimal, peran perpustakaan selain membutuhkan tenaga pustakawan yang ahli dan berkompeten, pihak perpustakan FAH juga membagikan peluang bagi para PUSTIKUM untuk dapat terjun langsung mengembangkan ilmu kepustakawanan yang telah didapatkan dikelas.

Istilah PUSTIKUM sendiri, memang sangat familiar dikalangan mahasiswa/i Ilmu Perpustakaan dan Informasi (IPI) UIN Jakarta. Bisa dilihat dari eksistensi PUSTIKUM saat ini yang telah memasuki pada angkatan ke-4, dimana PUSTIKUM hadir pertama kali sejak tahun 2014. Pemberian nama PUSTIKUM diciptakan berdasarkan kepanjangan dari PUStakawan prakTIKUM. Yap, benar sekali – praktikum. Mereka memang lebih mengarah pada praktik di perpustakaan secara langsung. Jadi, PUSTIKUM merupakan sebuah organisasi mahasiswa Ilmu Perpustakaan dan Informasi (IPI) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta yang bertujuan sebagai wadah dalam mengembangkan ilmu-ilmu terkait segala aspek perpustakaan. 

Pelaksanaan kegiatan serah terima jabatan PUSTIKUM dari angkatan ke-3 kepada angkatan ke-4, dilaksanakan pada hari Kamis, 22 November 2018. Dengan dihadiri oleh Kepala Perpustakaan FAH yakni Bapak Muhammad Azwar, Spd.I, M.Hum, Staf Perpustakaan yakni Bapak Sukirno dan Ibu Siska, serta perwakilan dari masing-masing angkatan PUSTIKUM mulai dari angkatan ke-1 sampai angkatan ke-4 yang berjumlah sekitar 41 orang. Rangkaian acara serah terima jabatan berlangsung secara khidmat, dengan diawali pembukaan oleh MC dan dilanjutkan sambutan. Kemudian masuk pada acara inti yaitu penandatangan MOU Kepengurusan PUSTIKUM oleh ketua PUSTIKUM 2017 dan ketua PUSTIKUM 2018 serta kepala Perpustakaan FAH UIN Jakarta. 

Penggelaran acara sertijab tak sampai disitu saja, acara tetap dilanjutkan dengan sharing session tentang pengalaman serta kesan dan pesannya selama menjadi anggota PUSTIKUM. Keseruan sesi sharing ini dilakukan oleh perwakilan dari masing-masing dari angkatan. Selain itu, untuk mencairkan suasana di acara serah terima jabatan ini diadakan ice breaking yang dipandu oleh MC. Setelah itu, acara diakhiri dengan doa dan foto bersama.

Anggota Pustakawan Praktikum Perpustakaan FAK. Adab Humaniora
Foto Bersama Kepala Perpustakaan dan Anggota PUSTIKUM Perpustakaan FAH UIN Jakarta Semua Angkatan
Pustakawan Praktikum Ilmu Perpustakaan dan Informasi UIN Jakarta
Foto Bersama Kepala Perpustakaan dan Anggota Pustikum 2017/2018

Dengan digelarnya acara SERTIJAB PUSTIKUM Perpustakaan FAH UIN Jakarta, tak hanya sebagai ajang program rutin di setiap awal kepengurusannya, namun juga sebagai upaya dalam mempererat tali silahturahmi dan menciptakan suasana keakraban yang lebih baik antar sesama anggota PUSTIKUM. Semarak dari para anggota dan alumni PUSTIKUM begitu terlihat dalam memeriahkan keberlangsungan dari awal hingga akhir acara. Itulah beberapa keseruan dari pelaksanaan SERTIJAB PUSTIKUM, mungkin itu saja yang dapat saya paparkan pada tulisan sesi ini.

Oiya, untuk mengetahui lebih jauh tentang PUSTIKUM dan Perpustakaan FAH Adab dan Humaniora UIN Jakarta, kamu dapat mengaksesnya di website perpustakaan FAH. Dan tak lupa untuk artikel asli terkait berita sesi ini, dapat dibaca disini: http://fah.uinjkt.ac.id/serah-terima-jabatan-pustikum-pustakawan-praktikum-fah/. Semoga bermanfaat dan bernilai positif! Terima kasih sudah mampir 😊


Comments

  1. Boleh gak ka, kalau kita kunjung kesana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh banget kok, silahkan kunjungi perpustakaan adab dan humaniora😊

      Delete
  2. Happy Monday para Member setia AGENS128, untuk kalian para pecinta permainan casino online yang mungkin sedang mencari agen terpercaya dengan bonus rollingan yang besar kami menyarankan kepada kalian semua para member setia kami bahwa kami akan memberikan BONUS ROLLINGAN 0.5% untuk kalian semua dan langsung otomatis masuk ke dalam id kalian, jadi untuk kalian yang mau mencoba bonus ini dan ingin bermain di salah satu agen yang terpercaya kalian bisa bermain bersama kami AGENS128. * CLAIM NOW AND JOIN US *

    Untuk keterangan lebih lanjut, segera hubungi kami di:
    BBM : D8B84EE1 atau AGENS128
    WA : 0852-2255-5128

    Ayo tunggu apalagi !!

    ReplyDelete

Post a Comment

Translate

Popular posts from this blog

Area Membaca Pada Perpustakaan Umum (Mengacu Pada Pedoman Tata Ruang dan Perabot Perpustakaan Umum)

Mengenal Lebih Dekat: Fakultas Adab dan Humaniora UIN Jakarta

Dibalik Pesona Taman Baca Masyarakat Kolong Flyover Ciputat